MAKALAH GURU PROFESIONAL

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang
          Jabatan guru merupakan jabatan profesional yang harus memenuhi standar kualifikasi tertentu. Guru sebagai suatu profesi kependidikan menuntut kompetensi professional terhadap para guru, yang mana menimbulkan persyaratan sertifikasi dan pengalaman yang luas yang diperoleh dari institusi pendidikan guru dan program pendidikan guru yang bermutu, relefan dengan kebutuhan lapangan dan berlangsung secara bersinambungan.
1.2.    Tujuan Penulisan
          Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang guru profesional adalah guru mampu dan menguasi tentang kurikulum !
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.    Pengertian Karakteristik Guru Profesional
          Guru (dari bahasa Sansekerta: yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) yaitu seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
          Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karakteristik guru adalah segala tindak tanduk atau sikap perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat.contohnya, bagaimana guru meningkatkan pelayanan, meningkatkan pengetahuan, memberi arahan, bimbingan dan motifasi kepada peserta didik nya,bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan peserta didik, teman sejawat, serta anggota masyarakat lainnya.
          Guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal.
          Guru profesional adalah guru yang senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuannya secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalamannya.
          Menurut Ibrahim Bafadal, dalam peningkatan mutu professional guru hendaknya mempunyai gagasan, ide, dan pemikiran terbaik mengenai pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru merujuk pada konsepsi pembelajaran siswa secara maksimal, dan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pribadi anak.
          Jadi karakteristik guru profesional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai landasan-landasan kependidik.

2.2.    Karakteristik Guru Yang professional
          Karakteristik guru yang professional sedikitnya ada lima karakteristik dan kemampuan professional guru yang harus dikembangkan, yaitu:
a. Menguasai kurikulum
b. Menguasai materi semua mata pelajaran
c. Terampil menggunakan multi metode pembelajaran
d. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya
e. Memiliki kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya
Selain karakteristik guru di atas, ada beberapa karakteristik guru yang profesional antara lain:
a. Fisik
·         Sehat jasmani dan rohani
·         Tidak mempunyai cacat tubuh yang bisa menimbulkan ejekan atau cemoohan
atau rasa kasihan dari anak didik.
b. Mental atau keperibadian
·         Berkepribadian atau berjiwa pancasila.
·         Mampu menghayati GBHN.
·         Mencintai bangsa dan sesama manusia dan rasa kasih sayang kepada anak didik
·         Berbudi pekerti yang luhur.
·         Berjiwa kreatif, dapat memanfaatkan rasa pendidikan yang ada secara maksimal.
·         Mampu menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tanggung rasa.
·         Mampu mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab yang besar akan tugasnya.
·         Mampu mengembangkan kecerdasan yang tinggi.
·         Bersifat terbuka, peka, dan inovatif.
·         Menunjukkan rasa cinta kepada profesinya.
·         Ketaatannya akan disiplin.
·         Memiliki sense of humor

c. Keilmiahan atau pengetahuan
·         Memahami ilmu yang dapat melandasi pembentukan pribadi.
·         Memahami ilmu pendidikan dan keguruan dan mampu menerapkannya dalam
tugasnya sebagai pendidik.
·         Memahami, menguasai, serta mencintai ilmu pengetahuan yang akan diajarkan.
·         Memiliki pengetahuan yang cukup tentang bidang-bidang yang lain.
·         Senang membaca buku-buku ilmiah.
·         Mampu memecahkan persoalan secara sistematis, terutama yang berhubungan dengan bidang studi.
·         Memahami prinsip-prinsip kegiatan belajar mengajar.
d. Keterampilan
·         Mampu berperan sebagai organisator proses belajar mengajar.
·         Mampu menyusun bahan belajar atas dasar pendekatan struktural, interdisipliner, fungsional, behavior, dan teknologi.
·         Mampu menyusun garis besar program pengajaran ( GBPP )
·         Mampu memecahkan dan melaksanakan teknik-teknik mengajar yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan.
·         Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi pendidikan.
·         Memahami dan mampu melaksanakan kegiatan dan pendidikan luar sekolah.
          Jadi seorang guru harus mempunyai pendidikan yang sesuai dengan kompetensi sebagai seorang guru dan mempunyai pengalaman serta bakat sebagai modal untuk menjadi seorang guru yang kompeten.
2.3.    Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Efektif ( Profesional )
1.       Memahami Dan Menghormati Murid
          Adalah guru harus mampu memahami murid Memahami yang memiliki potensi, bukan sebagai botol yang kosong. Guru haruslah bersikap demokratis, tidak otoriter

2.       Menguasai Bahan Pelajaran Yang Diberikan
          Seorang guru haruslah menguasai bahan pelajaran tidak sebatas aspek kognitif tetapi juga pada nilai dan penerapannya bagi kehidupan manusia.
3.       Menyesuaikan Bahan Pelajaran Dengan Kesanggupan Individu Murid
          Guru haruslah menyesuaikan bahan pelajaran dengan rata-rata kesanggupan siswa, ada murid yang cepat, sedang, dan lambat dalam belajarnya. Seorang guru juga harus memperhatikan perbedaan individu murid, termasuk bakat dan kemampuannya
4.       Mengaktifkan Murid Dalam Hal Belajar
          Seorang guru haruslah menghindari cara mengajar D4
(datang, duduk, dengar dan diam). Guru harus memberikan kesempatan pada murid untuk aktif didala kelas.
5.       Memberi Pengertian Dan Bukan Hanya Dengan Kata-Kata Belaka
·      Memberikan pemahaman langsung dengan mengenalkan bendanya, baru pengertiannya, dan kemudian anak dapat merumuskan pengertian itu dengan kata-kata sendiri
·      Menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran
·      Guru hendaknya menghindari terjadinya verbalisme atau mengenal kata-kata tetapi tidak mengenal artinya

6.       Menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid
·      Menjelaskan atau menunjukkan manfaat yang terkandung dalam bahan pelajaran yang diajarkan
·      Mengajarkan bahan pelajaran yang dibutuhkan atau dirasakan manfaatnya bagi murid

7.       Mempunnyai tujuan tertentu dengan bahan pelajaran yang diberikan
·      Memahami berbagai tingkat tujuan pendidikan, mulai dari tujuan pendidikan nasional, institusional, kurikuler sampai pada tujuan istruksional
·  Menunjukan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
8.       Tidak terikat oleh satu buku pelajaran
          teks harus dipandang sebagai bahan pelajaran minimal dan bukan satu-satunya sumber yang digunakan oleh guru, termasuk sumber dari iternet dan ensiklopedia
9.       Tidak hanya mengajar dalam arti menyampaikan pengetahuan tetapi senantiasa mengembangkan pribadi anak
          Tidak hanya mengedepankan pencapaianya kecerdasan intelektual tapi juga emosional dan kecerdasan lainnya, Mencakup aspek kognitif, afektif dan sikomotorik

10.     Mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik
          Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

11.     Bisa berkomunikasi Baik dengan Orang Tua
          Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.
          Dengan demikian ciri yang paling mendasar sebagai karakteristik guru yang professional yang dimaksud dengan kompetensi pendidikan agama islam ialah pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar ajaran islam.



BAB III
PENUTUP
3.1.    Kesimpulan
Pengertian karakteristik guru yang professional adalah ciri-ciri orang yang memiliki pendidikan formal dan menguasai berbagai teknik dalam kegiatan belajar mengajar serta menguasai landasan-landasan kependidikan.
Karakteristik guru yang profesional sebagai berikut :
a. Menguasai kurikulum
b. Menguasai materi semua mata pelajaran
c. Terampil menggunakan multi metode pembelajaran
d. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya
e. Memiliki kedisiplinan dalam arti yang seluas-luasnya
f. Memiliki fisik yang sehat
g. Mempunyai mental atau keperibadian yang baik
h. Menguasai keilmiahan atau pengetahuan yang luas
i. Mempunyai keterampilan yang baik
3.2.    Saran dan kritik
          Dari semua penjelasan yang pemakalah paparkan, pemakalah berharap saran serta kritik dari para pembaca agar pemakalah dapat memperbaiki dan menyempurnakan kualitas dari pembuatan makalah serta meningkatkan mutu isi dari makalah tersebut.



DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid Dan Dian Andayani,2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi,   Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Abu Bakar ,Yunus. 2009. profesi keguruan.
Bafadal, Ibrahim. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
            Direktorat Profesi Pendidik. 2008.
Pedoman Penilaian Guru Berprestasi. Jakarta : Depdiknas
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Bandung: Kencana Prenada Media GroupUzer Usman, Moh. 2001. Menjadi Guru Profesional.     Bandung : Remaja


No comments:

Post a Comment

Informasi Pendidikan

tesss